kodok pinter ngeblog

30 June 2009

Desain Blog Dan Posting Kejar Tayang

Awal tahun 2008 ini banyak dimanfaatkan orang untuk mendesain ulang blog. Itu terlihat dari blogwalking yang biasa saya lakukan. Namun ternyata tidak hanya blog secara personal, bakhan blog/situs yang secara profesional dan komersil pun melakukannya. Dari kebanyakan desain ulang ini banyak yang lebih menarik dari sebelumnya, tetapi ada juga yang menurut saya malah kurang menarik dari sebelumnya. Itu hanya opini saya yang tidak tahu banyak tentang desain. Lalu apa sebenarnya yang diinginkan atau diharapkan dari desain baru tersebut?

Sebuah blog di Canada, dengan topik berbagai macam isu, tetapi sering dipakai oleh media cetak sebagai rujukan dalam berita-berita lokal disana, membuat blognya sangat-sangat sederhana, Bahkan lebih sederhana dari blog ini. Dan memang yang ia harapkan adalah kualitas dari isi blog, bukan desain
Tetapi walaupun sederhana, desain tersebut bukan gratisan, tetapi premium theme, yang kalau tidak salah itu merupakan desain dari orang indonesia juga. Jadi bagi anda yang suka dan bisa mendesain untuk blog ataupun situs, anda bisa berjualan di internet. Misalnya dengan membuat situs sendiri ataupun dititipkan di penyedia theme/template yang sudah berpengalaman.

Posting Kejar Tayang

Apakah anda pernah merasakan dimana anda merasa dikejar oleh waktu untuk memberikan posting baru setiap harinya? Saya termasuk yang mengalaminya. Kadang saya merasa bahwa hari ini harus ada posting baru, tetapi bukan berarti asal tulis. Walaupun saya merasa demikian tetapi bukan menjadi wajib, hanya jika bisa maka saya akan melakukannya. Karena jika sehari saja tidak ada posting baru, rasanya blog saya ini terasa sepi. Perasaan seperti ini tentu berbeda antara satu dengan satunya, tergantung dari motivasinya. Saya dulu seperti itu karena ingin mengejar supaya bisa cepat dalam menulis artikel. Karena pada awalnya untuk menulis satu paragraf saja rasanya sangat sulit, jangankan menulis satu paragraf, mengawalinya dengan kata-kata saja susah.

Menurut anda haruskah kita mendesain ulang blog minimal setahun sekali?
Dan wajibkah kita posting setiap hari minimal satu posting?


2 comments: