kodok pinter ngeblog

29 February 2012

Cara mengatasi banned Google


cara mengatasi banned google pasti yang anda cari gara gara index blog anda di google tiba tiba tidak ada atau berkurang sedikit-demi sedikit. sebelum terjadi salah paham tentang google  banned google, saya akan bahas dulu apa yang dimaksud dengan  banned google di artikel  kali ini.

Pengertian dan Banned Google

banned google bukanlah akibat google dance, karena google dance sebetulnya akibat proses iterasi google dalam menentukan ranking blog anda. Sedangkan dan banned google adalah sebuah tindakan google terhadap blog atau website apapun yang dianggap telah melakukan spam atau teknik black hat SEO.
Banned google, berarti website anda dianggap google 100% telah melakukan spam dan isi website anda tidak sesuai dengan apa yang diindex google. sebagai akibatnya website anda 100% tidak diindex google. Cara ngetesnya gampang, cukup pakai kode site:domainanda.com . Bila tidak ada hasil pencariannya sama sekali berarti website tersebut telah di banned oleh google.
Sedang penalty google merupakan sebuah peringatan menuju banned google. Artinya website tersebut tidak 100% spam, hanya direktori yang dianggap spam saja yang dikeluarkan indexnya dari google. misalkan halaman posting anda 100% copy-paste dan melakukan tindakan spam lainnya maka sedikit demi sedikit index single posting anda akan hilang dari index google.
Terkadanga juga dalam satu direktori langsung hilang dalam sekejam misalkan domain.com/search/ tiba-tiba tidak ada di google sedangkan halaman yang lain aman-aman saja. Kasus ini juga termasuk penalty google. 

Cara Mengetahui Penalty dan Banned Google

Cara untuk mengetahui apakah blog anda punya kemungkinan kenal penalty maupun kena banned google harus dicek satu per satu komponen blog anda sesuai guideline google. Mulai dari struktur blog sampai backlink. Tentu hal ini akan sangat lama dan sulit.
Atau anda juga bisa menggunakan tool gratis check penalty google. Caranya anda cukup memasukan URL domain blog anda dalam kolom yang tersedia , lalu klik Check.Tool penalty google Checker memberikan tiga hasil penilaian :

1. This domain has no penalty.

Artinya domain yang anda masukan bebas dari penalty google. Atau malah keluar nilai “This domain has no domain level penalty” , yang berarti walaupun saat ini bebas penalty google tapi masih perlu investigasi lebih lanjut karena beberapa aspek yang masih belum diketahui oleh tool tersebut.

2. This domain has a severe penalty.

Artinya domain yang anda cobakan masih ada kemungkinan terkena penalty. Biasanya bila blog tersebut anda gunakan untuk bermain autoblogging maka bila telah mencapai traffik tinggi akan terkena banned atau penalty.

3. This domain is either banned or has never been indexed by Google.

Artinya domain yang diujikan telah kena banned atau memang belum terindex oleh google.

Mencegah Penalty dan Banned google

Untuk mencegah penalty google tiada cara lain selain menghentikan tindakan yang termasuk kategori spam dalam blog anda. Walaupun tindakan black hat SEO atau spam banyak macamnya namun yang paling sering terjadi antara lain :
1.  Menulis artikel 100% copy-paste, sehingga bila anda membuat autoblog usahakan agar tidak 100% mencomot feed blog asli. atau kombinasikan dengan plugin rewrite atau modul translator sehingga menjadi sedikit unik.
2. Menyebarkan backlink secara berlebihan. Walaupun anda mempunyai tool backlink otomatis sehingga bisa membuat backlink sebanyak-banyaknya bukan berarti anda bisa pasang backlink sesuka hati. Pasanglah backlink maksimal 300-400 backlink dalam sehari.
3. Membuat backlink dengan satu keyword anchor. Mungkin maksud anda ingin menjadi nomor satu di google dari keyword tertentu sehingga memasang backlink dengan anchor keyword tersebut saja. tapi bila anda berlebihan tindakan anda bisa dikategorikan sebagai spam backlink. Bila anda memasang backlink misalkan komentar di blog atau link profile di forum jangan hanya menggunakan satu keyword aja.
4. Memasang link ke website spam. Bila anda tahu bahwa website tersebut spam jangan membuat backlink ke website tersebut atau anda juga akan dikategorikan sebagai spam pula.
5. Membuat hidden keyword. artinya text yang tertulis tidak bisa terlihat oleh pengunjung tapi bisa terindex oleh robot google caranya dengan menyamakan antara warna text dengan warna background text.
6. Membuat tiny text. Fungsinya sama dengan nomor lima cuma caranya text yang ditulis dibuat sangat kecil.

Mengatasi Penalty Google

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penalty google tergantung kasusnya :
Kasus Pertama, Bila index blog anda sedikit demi sedikit hilang  ini berarti blog anda melanggar guideline google webmaster. biasanya masalah duplicate title, duplicate meta description, meta description yang terlalu pendek, atau meta descriptio kosong.  Untuk mengecek kasus ini silahkan anda login  ke  google webmaster ( Ingat blog anda harus sudah terdaftar di google webmaster dan terverifikasi) , kemudian anda buka  Menu Diagnostics, lalu pilih HTML Suggestions. Anda cek apakah di halaman HTML Suggestions terdapat halaman blog anda yang melanggar. Kalau anda maslah segera perbaiki karena bila tidak segera diperbaiki bisa hilang dari index google. Cara memperbaiki bisa dengan memperbaiki setting plugin All in One SEO Pack.
Kasus penalty google kedua, kasusnya sama dengan yang pertama atau kadang salah satu direktori hilang dari index google secara mendadak tapi bila anda cek di google webmaster tidak ada masalah HTML Suggestions. Kausu ini menandakan kategori spam. Untuk mengatasinya segera perbaiki blog anda dari tindakan spam lalu kemudian ubah permalink direktori yang deindex tadi. Jangan lupa tetap update blog anda. Dengan berjalannya waktu dan update anda , direktori yang tadi hilang akan terindex kembali.
Kasus Banned, kasus banned berarti blog anda sudah tidak diindex google sama sekali, site:domain.com tidak ada . Solusi pertama, memperbaiki blog anda dari tindakan spam mulai sari struktur blog sampai backlink yang termasuk kategori spam yang telah anda sebar. lalu lapor via email ke guideline center google bahwa blog anda sudah tidak spam lagi. Mereka akan mengecek , bila lolos blog anda bisa terindex google lagi.
Tapi solusi pertama ini sangat lama, bahkan sering gagal. Kalau anda gak mau nunggu lama-lama saya punya cara gampang dan singkat. Buat aja blog baru, kemudian pindah semua data base blog yang terbanned tadi ke blog baru. optimasi seperti biasa… blog yang baru punya kemungkinan lebih sukses dari pada blog yang terbanned tapi bila anda masih juga melakukan tindakan spam maka nasibnya bisa saja sama dengan saudara tuanya.
Sekarang yag jadi masalah, bagaimana mendatangkan traffik ke blog yang kena banned google. Salah satu blog saya juga kena ban google tapi tarffiknya lancar lancar aja antara 1000-2000 UV per hari.  Apa yang akan anda lakukan untuk blog yang gak bisa kembali normal dari banned google?

18 comments:

  1. wahhh jangan jangan blog ane kena banned.. terapiknyo turun drastis

    ReplyDelete
  2. saya juga bingung mas broo,postingan blog ane ilang dari pencarian,,...

    ReplyDelete
  3. Waduh blog wedding teman ane juga ilang indeknya, saya kira kena sandbox eh ternyata baru baca banned, RIP aja deh...

    ReplyDelete
  4. ok...bermanfaat, trim ya

    ReplyDelete
  5. klo blog saya jelas kena penalty tuh.. :j:
    dari pada bingung memperbaikinya, lebih baik bikin yang baru dan isi postingan 100% natural buatan pribadi

    ReplyDelete
  6. terimakasih mas... aku pikir kena ya blogku kok pengunjungnya semakin berkurang... aku setelah baca penjelasannya dan coba... ternyata kena finalty kayaknya!!!!
    ampun deh . mungkin bisa bantu ya pesannya di chek banned adalah

    Deprecated: Function ereg() is deprecated in /home/seoking/public_html/tools/includes/seg_tools.php on line 217

    Deprecated: Function ereg() is deprecated in /home/seoking/public_html/tools/includes/seg_tools.php on line 224
    Your Site Is Not Banned In Google.

    ReplyDelete
  7. tnhks gan atas infon dan solusinya,,,sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  8. makasih gan info nya,,, boleh dicoba nih,,,

    ReplyDelete
  9. Salah satu isi blog ku yang www.rangkumanmakalah.com ada yang tidak terindek di google webmaster, apakah gara2 sebagian tulisanya ada yg copas ya?

    ReplyDelete
  10. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  11. wadouh berarti blog aku kena banned neh... kemaren sudah sih ane kirim permohonan untuk mereview ulang blog aku... tinggal berdoa aja neh... atau yang mau ngasih pertolongan gaK???? ne blog aku www(dot)matadunia(dot)net

    ReplyDelete
  12. terimakasih banyak untuk ilmunya ini, membantu sekali nih..

    ReplyDelete
  13. klu blog saya itu keyword nya gampang bgt naik turun gan, gk stabil, apa mungkin salah satu dampak dari hal2 di atas gan, mksh...

    ReplyDelete
  14. Blog saya kena banned tpi saya berusaha untuk membuat blog baru yg saya tujukan ke blog yg kna banned, apakah Cara ini bisa menjadi solusi ya, blog saya blog khusus download

    ReplyDelete
  15. Blog saya kena banned tpi saya berusaha untuk membuat blog baru yg saya tujukan ke blog yg kna banned, apakah Cara ini bisa menjadi solusi ya, blog saya blog khusus download

    ReplyDelete
  16. Trimaksih postinganyq
    boss

    ReplyDelete