kodok pinter ngeblog

7 February 2012

Tablet Berciri Islami


Demam komputer tablet belum reda. Meski tahun ini diperkirakan bakal menjadi tahun laptop tipis alias ultrabook, permintaan komputer tablet diprediksi masih akan tinggi.

Kemampuan mengakses Internet, membaca dan mengirim e-mail, video chatting, atau memotret dan merekam video menjadi kelebihan dari "sabak" ajaib ini, selain ringan tentunya.

Sayang, dari sekian banyak komputer tablet yang ada di pasaran, terutama yang berbasis Android, hampir semua menyajikan fungsi yang sama. Hanya kemasan yang membedakan.

PT Raztel Solusindo Telematika, perusahaan importir, distributor, dan pemegang merek di bidang telekomunikasi dan informatika, mencoba menghadirkan sesuatu berbeda di Indonesia.

Awal tahun ini Raztel meluncurkan QuranPad Raztel A930, komputer tablet berlayar 7 inci yang diperkuat sistem operasi Android 2.2 Froyo.

Inilah komputer tablet pertama di Indonesia yang didesain khusus dan dilengkapi aplikasi Islami lengkap berupa Al-Quran 30 juz, terjemahan, tafsir dan hadis, waktu salat, arah kiblat, dan panduan untuk haji atau umrah.

Dalam rubrik uji produk kali ini Tempo berkesempatan mengenal lebih jauh komputer tablet QuranPad Raztel A930, yang dijual seharga Rp 1.250.000.

Desain

Seperti layaknya tablet 7 inci, Raztel A930 nyaman digenggam. Bodinya terbuat dari plastik dan dibalut warna hitam pekat. Sedangkan sekeliling sisinya diberi aksen berwarna perak.

Dari tampilannya, Raztel A930 digunakan dalam posisi vertikal, mirip iPad. Di bagian atas layar terdapat kamera VGA dan lampu indikator baterai. Sedangkan di bagian bawah layar terdapat tombol fisik Back atau kembali ke layar sebelumnya.

Di bagian atas tablet, hanya terdapat tombol power. Di sisi kanan ada tombol untuk mengakses menu dan tombol pengatur volume suara serta lubang mikrofon.

Slot catu daya listrik, slot earphone, slot USB/ethernet converter, slot T Flash/kartu micro-SD, dan dua speaker, semua diletakkan di bagian bawah tablet.

Sedangkan di sisi kiri hanya ada tombol reset. Raztel A930 sama sekali tak dilengkapi kamera belakang. Di bagian ini hanya terdapat tulisan Raztel A930, dan sayangnya mudah terkelupas.

Fitur Islami

Ketika tombol power dinyalakan, ciri Islami langsung disuguhkan Raztel A930 dengan memasang gambar Masjidil Haram sebagai wallpaper. Wallpaper ini bisa diganti sesuai dengan pilihan.

Seperti kebanyakan tablet Android, Raztel A930 juga dilengkapi dengan aplikasi Android Market, YouTube, dan Facebook, aplikasi untuk cek e-mail, dan melihat dokumen Word dan Excel.

Bedanya, tablet ini sudah dilengkapi aplikasi QuranPad, sehingga Anda tak perlu repot-repot terhubung ke jaringan Wi-Fi atau 3G dan mengunduhnya dari Android Market.

Di dalam aplikasi QuranPad terdapat Al-Quran digital lengkap 30 Juz, 114 surat, yang bisa dibaca dan didengarkan dengan layar berdiri (portrait) atau mendatar (landscape).

Teks Arab menggunakan huruf Othmanic dengan penanda berwarna merah pada saat ayat dilantunkan. Pergantian halaman pun dilakukan secara otomatis mengikuti suara qari.

Ada empat pilihan resitasi suara, yakni suara Sudais Shuraim, Mishari, Ghamidi, dan Khusorry. Bagi Anda yang masih belajar membaca Al-Quran, disarankan untuk memilih Khusorry. Sebab, lantunannya tidak terlalu cepat.

Teks terjemahan berbahasa Indonesia juga bisa ditampilkan bersamaan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sehingga memudahkan pengguna memahami arti ayat yang dibacakan.

Salah satu kelebihan lain dari fitur ini adalah kemampuan menandai (bookmark) surat dan ayat. Tujuannya, untuk mempercepat akses terhadap surat atau ayat yang dianggap penting atau sering dibaca.

Aplikasi lainnya adalah tafsir dan hadis berbahasa Indonesia, panduan waktu salat, dan arah kiblat dari 435 kota di Indonesia dan seluruh kota besar di dunia.

Panduan waktu salat ini dilengkapi dengan azan untuk setiap waktunya. Anda bisa memilih apakah bunyi azan ini akan dikumandangkan atau tidak saat masuk waktu salat.

Adapun untuk arah kiblat, Raztel A930 hanya menunjukkan posisi kiblat dari kota Anda berada. Sedangkan untuk mencari arahnya tetap menggunakan kompas yang disertai dalam boks penjualan.

Untuk hadis, ada dua bahasa yang disajikan, yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk bahasa Indonesia berupa hadis Muslim, sedangkan bahasa Inggris dari Riyadh As Salihin.

Selain itu, Raztel A930 sudah dilengkapi dengan video panduan tata cara ibadah haji atau umrah dan doa yang perlu dibacakan selama menunaikan ibadah haji atau umrah.

QuranPad Raztel A930 bisa dikatakan sebagai komputer tablet yang menawarkan kemudahan dalam membaca Al-Quran dan memahami kandungan ayatnya karena sudah dilengkapi dengan terjemahan dan tafsir dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, tablet ini bisa menjadi teman perjalanan saat menunaikan ibadah haji atau umrah.


SPESIFIKASI

Sistem operasi: Android 2.2 Froyo
Prosesor: WM8650, 800 MHZ
Layar: Layar sentuh resistif TFT 7 inci WVGA 800x480 (16:9)
Memori internal: 256 MB RAM, 4 GB ROM
Memory eksternal: micro-SD (up to 32 GB)
Bluetooth: Tidak ada
Kamera belakang:Tidak ada
Kamera depan: VGA
Browser: HTML
GPS: Tidak ada
Messaging: Email
Java: Web video dengan YouTube Icon, stereo speaker, audio/video player, e-book, Document to Go (Word, Excel, Powerpoint, PDF), G-mail, Google Search, App market, Clock, G-sensor
Audio jack : 3,5 mm
Baterai: Lithium ion 1450 mAh
Video player: MPEG1/2/4,MJPG, H264
MP3 player: MP2, MP3, WAV, AAC, WMA
WLAN: IEEE802.11b/g/n wireless network
Dimensi: 19,85 x 12,7 x 1.68 cm
Harga: Rp 1.250.000

POIN PLUS

- Tafsir dan hadis bahasa Indonesia
- Waktu salat dengan alarm suara azan
- Arah kiblat dari 435 kota besar di Indonesia
- Video panduan haji dan umrah

POIN MINUS

- Masih menggunakan sistem operasi Android Froyo
- Tak ada kamera belakang
- Layar sentuh kurang responsif

1 comment: